Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD N 200220 Padangsidimpuan

Siregar, Mawadda Khoiriah (2024) Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD N 200220 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500204.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kreativitas dari para guru dalam menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuai, serta rendahnya fokus siswa selama proses pembelajaran yang dapat menghambat efektivitas belajar dan menurunkan minat siswa terhadap mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel siswa kelas V SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa. Hasil penilaian dilakukan dengan membandingkan nilai pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata, perbedaan rata-rata, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 74,83 > 66,83. Untuk memastikan bahwa perbedaan tersebut signifikan, dilakukan uji-T menggunakan SPSS v23, dengan hasil thitung > ttabel (5,049 > 1,69913) dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran talking stick tidak hanya membantu mengatasi permasalahan fokus dan minat siswa, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar IPA pada materi lingkungan untuk siswa kelas V di SD Negeri 200220 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar; Talking Stick; Ilmu Pengetahuan Alam; Sekolah Dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:55
Last Modified: 26 Mar 2025 03:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11777

Actions (login required)

View Item View Item