Siregar, Annisah (2024) Penggunaan LKS berbasis pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SDN 100720 Sihopuk Baru Gunung Tua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920500199.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa untuk belajar IPA dalam penggunaan lembar kerja siswa (LKS). Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman pada pembelajaran IPA, sehingga hasil belajar siswa tidak memuaskan. Hal ini dibuktikan berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil observasinya menunjukkan bahwa pada saat pelaksanaan ataupun pemberian tindakan mulai dari awal sampai akhir setiap pertemuan masih ada beberapa yang kurang dalam memahami pembelajaran IPA, dan hasil dari wawancara yang dilakukan di SDN 100720 di Sihopuk Baru Gunung Tua yaitu rendahnya minat belajar IPA pada penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan latar belakang masalah penelitian yang telah diuraikan maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan LKS berbasis pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 100720 Sihopuk Baru? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak nya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 100720 Sihopuk Baru Gunung Tua. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100720 sihopuk baru gunung tua yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa butir soal tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan media relia dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil dari tes Siklus II terdapat peningkatan rata-rata kelas pada hasil belajar siswa dari 60,86 (Siklus I Pertemuan I) menjadi 61,7 ( Siklus I Pertemuan II) kemudian pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 72,39 dengan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 83,91% siswa yang tuntas dan 3 orang siswa yang belum tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pendekatan Keterampilan; Ilmu Pengetahuan Alam; Sekolah Dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:49 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |