Ritonga, Julfahmi (2024) Penerapan penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 2 SDN 2005150 Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920500196.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas Sekolah Dasar Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling. Kemampuan membaca peserta didik di sekolah tersebut masih rendah dan penggunaan model pembelajaran yang tidak kreatif dan variatif sehingga peserta didik menjadi tidak aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamAtan awal terungkap adanya masalah yang sering muncul seperti peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan jarang menggunakan media pembelajaran. Maka dengan penggunaan media gambar ini dapat meningkatkan kemampuan membaca.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemapuan membaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar (SD) Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan media gambar, yang berisi tahapan perancanaan, tahap pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas Sekolah Dasar Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil kemampuan membaca peserta didik. Pada kondisi awal nilai rata-rata adalah 56,33 dan ketuntasan klasikal sebesar 27%, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media gambar pada siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 60,57 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 27%. Siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 79,93 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 80%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Media Gambar; Kemampuan Membaca; Bahasa Indonesia; Sekolah Dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:24 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |