Sari, Erlita (2024) Pengaruh media sosial, self efficacy, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa lebih memilih untuk mencari kerja dari pada menciptakan lapangan pekerjaan setelah mereka lulus dari perguruan tinggi. Mahasiswa kurang menekuni berwirausaha padahal sudah dibekali ilmu dan juga praktik berwirausaha. Minat berwirausaha didukung oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi minat berwirausaha yaitu media sosial, self efficacy, dan pengetahuan kewirausahaan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Kota Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengenai media sosial, self efficacy, pengetahuan kewirausahaan, dan minat berwirausaha. Populasi penelitian 16.457 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di kota Padangsidimpuan. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Responden ditentukan dengan memenuhi kriteria lulus mata kuliah kewirausahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regregsi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Square), uji t dan uji F dengan menggunakan statistic SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial variabel media sosial terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Kota Padangsidimpuan, dengan thitung>ttabel sebesar 4,512>1,6608 dan tidak terdapat pengaruh secara parsial variabell self efficacy terhadap minat berwirausaha Mahasiswa, dengan thitung>ttabel sebesar 0,903<1,6608. Dan terdapat pengaruh secara parsial pada variabel pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha Mahasiswa, dengan thitung>ttabel sebesar 6,938>1,6608. Kemudian variabel media sosial, self efficacy, dan pengetahuan kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha Mahasiswa, dengan Fhitung>Ftabel sebesar 38,240>2,14. Variabel media sosial, self efficacy, pengetahuan kewirausahaan mampu menjelaskan minat berwirausaha Mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sarmiana Batubara, M.A dan Sry Lestari, M.E.I |
Keywords: | Media sosial; Self efficacy; Kewirausahaan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:21 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |