Harahap, Sri Hannum (2025) Pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa sejarah kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Purba Ganal Sosopan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sejarah kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Purba Ganal Sosopan. Hal tersebut disebabkan oleh keterlibatan siswa yang rendah, pemahaman konsep yang buruk, dan penyampaian materi yang tidak menarik. Sehingga guru harus dapat mengatasi permasalahan tesebut yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik seperti metode role playing. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam siswa di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Purba Ganal?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam siswa di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Purba Ganal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Purba Ganal, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII-B berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksprimen. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan indepentdent sample t test dan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pretest kelas eksperimen sebesar 65,77 dan kelas kontrol sebesar 64,80. Dan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 81,15 dan kelas kontrol sebesar 71,60. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t kedua kelas memiliki perbedaan, dimana yaitu 2,784 > 2,021 berarti Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha =〖 μ〗_1 μ_2 artinya terdapat pengaruh yang signifikan metode role playing terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam siswa di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Purba Ganal Sosopan Kabupaten Padang Lawas Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Dame Siregar, M.A. dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode; Role Playing; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Mar 2025 06:07 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |