Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran dalam peningkatan jumlah jamaah Haji dan umrah di PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan

Siregar, Yusnida Octaliya (2024) Strategi pemasaran dalam peningkatan jumlah jamaah Haji dan umrah di PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2030400026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya travel-travel perjalanan Ibadah haji dan umrah yang berada di kota Padangsidimpuan khususnya PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan, yang mana peminatnya itu dari tahun ke tahun semakin meningkat, maka dari itu peningkatan-peningkatan disetiap tahun bahkan setiap bulannya, itulah yang mendorong saya ingin melakukan penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat strategi pemasaran yang dilakukan PT. Multazam dalam peningkatan jumlah jamaah umrah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Multazam, bagaimana perkembangan jumlah jamaah umrah PT. Multazam, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat yang dialami PT. Multaam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan, untuk mengetahui perkembangan jumlah jamaah umrah dari tahun ke tahun, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini ada 2, yang pertama sumber data primer yaitu pimpinan, bendahara, tim marketing, dan staff. Kedua sumber data sekunder yaitu, 5 orang jamaah yang sudah berangkat dan 3 calon jamaah umrah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi yang dilakukan oleh PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah yaitu menggunakan strategi pemasaran langsung yaitu secara face to face, door to door, melalui ustadz-ustadz ketika mengadakan pengajian atau perkumpulan, dan melalui kerabat terdekat dan pemasaran secara tidak langsung yang dilakukan yaitu memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp, Facebook (Multazam Siti Khodijah), Instagram (multazam_siti_khodijah), Majalah dan membuat Browsur. Perkembangan jumlah jamaaah umrah dari tahun ke tahun semakin meningkat, terbukti dari tahun 2018 memberangkatkan 72 jamaah, tahun 2019 ada 98 jamaah, tahun 2020-2021 tidak ada pemberangkatan diakibatkan Covid-19, tahun 2022 ada 70 jamaah, dan tahun 2023 ada 130 jamaah yang berangkat. Faktor penghambat PT. Multazam yaitu banyaknya persaingan travel khususnya di wilayah Padangsidimpuan sehingga susah menyakinkan para calon jamaah untuk memilih travel yang bagus. Faktor pendukungnya memiliki sarana dan prasarana seperti miniatur ka’bah dan menyediakan jasa untuk mengurus keperluan keberangkatan seperti pasport dan visa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Hasbi Anshori Hasibuan, M.M
Keywords: Strategi Pemasaran; Haji dan Umrah; PT. Multazam
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:57
Last Modified: 26 Mar 2025 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11767

Actions (login required)

View Item View Item