Limbong, Aisyah Rahmawani (2024) Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran IPA materi pertumbuhan dan perkembangan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV A di MIN 7 Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500185.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena lemahnya hasil belajar siswa sangat relatif rendah mengenai pembelajaran IPA sehingga siswa cenderung mengalami kesulitan dalam memahami pertumbuhan dan perkembangan manusia dan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan manusia terlebih jika dikaitkan dengan kehidupan nyata. Ketidakadanya penggunaan pop up book dalam proses pembelajaran IPA merupakan titik awal untuk melihat keefektivan pada proses pembelajaran ketika menerapkan Pop Up Book sebagai bahan ajar tambahan. Instrumen pada penelitian ini berupa wawancara, lembar validasi angket, lembar angket respon guru dan siswa, dan tes kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pop Up Book berbasis Pendidikan IPA pada materi pertumbuhan dan Perkembangan Manusia dikembangkan melalui tahap validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Pop Up Book diujicobakan kepada siswa kelas IV A. Subjek uji coba dilakukan di MIN 7 Tapanuli Tengah yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pop Up Book yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 94% (valid), ahli bahasa sebesar 82% (valid), dan ahli desain sebesar 100 % (valid). Hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 92 % dengan kriteria sangat baik (valid). Hasil respon siswa dan guru dinyatakan praktis yaitu 93% dengan kriteria sangat baik (praktis). Respon siswa sebesar 94,7 % (praktis) dan respon guru sebesar 91,3 % (sangat praktis). Selanjutnya pemahaman siswa mengenai pertumbuhan dan perkembangan manusia yang dilihat dari hasil pretest dan posttest menggunakan N-Gain Score dengan hasil 0,4 kriteria sedang (efektif)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Ade Suhendra, M.Pd.I |
Keywords: | Media Pop Up Book; Hasil Belajar; Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 02:14 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 02:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |