Sartika, Gusni (2024) Implementasi model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa Kelas V SD Bulumario 101238 Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias serta kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Fasilitas yang kurang memadai untuk menunjang pembelajaran menyebabkan siswa kurang tertarik untuk menulis sehingga proses pembelajaran kurang optimal. Kurangnya ketidakmampuan siswa untuk menuangkan gagasan serta ide kedalam bentuk tulisan menyebabkan siswa lebih banyak berpikir tetapi tidak sempat menulis sehingga siswa pasif dan malas untuk menulis dan berdampak pada rendahnya dalam suatu proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis siswa di SD Bulumario dan apakah penerapan metode think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V di SD Bulumario 101238 Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 25 orang. Hasil penelitian dari siklus I sampai II ini menunjukkan bahwa ada kondisi awal siswa yang tuntas 8 siswa dan yang tidak tuntas 17 siswa dengan rata-rata kelas 71,6 dan jumlah persentase ketuntasan menulis 32%. Pada siklus I pada pertemuan I ada 13 siswa yang tuntas dan 12 yang belum tuntas dengan rata-rata kelas 73,4 dan jumlah persentase ketuntasan menulis 52% dan pertemuan II yang tuntas ada 17 siswa dan yang tidak tuntas 8 siswa dengan rata-rata kelas 75,4 dan jumlah persentase ketuntasan menulis 68%. Pada siklus II pertemuan I 19 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang belum tuntas dengan rata-rata kelas 76,8 dan jumlah persentase ketuntasan menulis 76% dan pertemuan 2 terdapat 23 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang belum tuntas dengan rata-rata kelas 80 dan jumlah persentase ketuntasan menulis 92%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 101238 Bulumario Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Model Pembelajaran; Think Talk Write; Keterampilan menulis; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 09:17 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |