Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel menggunakan prosedur Newman ditinjau dari gaya belajar siswa Kelas VIII di MTs S Al-Azhar Bi’Ibadillah

Febriani, Indah (2024) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel menggunakan prosedur Newman ditinjau dari gaya belajar siswa Kelas VIII di MTs S Al-Azhar Bi’Ibadillah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal, terutama pada soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan analisis prosedur Newman dan ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIع dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa dan dipilih menggunakan purposive sampling sebanyak 9 orang siswa berdasarkan gaya belajar visual, auditori dan kinetetik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes angket gaya belajar yang diteskan dengan 23 siswa kelas VIIIع , tes soal cerita sistem persamaan linear dua variabel yang diteskan dengan 9 siswa yang mana dipilih berdasarkan kelompok gaya belajar dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 10 siswa dengan gaya belajar visual, 9 siswa dengan gaya belajar auditori dan 4 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Diperoleh dari data penelitian yaitu: (i) siswa dengan gaya belajar visual melakukan kesalahan berdasarkan prosedur Newman pada memahami masalah dan penulisan jawaban akhir. (ii) siswa dengan gaya belajar auditori melakukan kesalahan berdasarkan proseur Newman pada memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. (iii) siswa dengan gaya belajar kinestetik melakukan keslaahan berdasarkan prosedur Newman pada memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. walaupun gaya belajar auditori dan kinestetik melakukan kesalahan selintas sama, namun ada perbedaan antara kedua gaya belajar tersebut. Gaya belajar auditori melakukan kesalahan pada keterampilan proses karena proses transformasi yang salah dalam membuat model matematinya sedangkan gaya belajar kinestetik banyak melakukan kesalahan pada operasi hitungnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd. dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd
Keywords: Analisis kesalahan; Gaya belajar; Prosedur newman; Soal cerita; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Mar 2025 09:12
Last Modified: 26 Mar 2025 01:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11753

Actions (login required)

View Item View Item