Dalimunthe, Putri Maya Sari (2024) Pengaruh model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret aritmatika di Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200050.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika. Apabila soal yang diberikan sedikit berbeda dengan contoh soal yang sudah diberikan oleh guru, maka banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal matematika tersebut. Siswa mengalami kesulitan dalam membedakan ide-ide dan gagasan-gagasan baru untuk menyelesaikan permasalahan soal tersebut dan ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam menjawab soal kurang berkembang. Di samping itu yang perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret aritmatika di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu, populasinya adalah seluruh kelas XI dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran open ended dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Dalam hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 82,86 dan kelas kontrol sebesar 67,29 ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret aritmatika di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu thitung > ttabel sehingga 2,384 > 1,997 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Diyah Hoiriyah, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Open ended; Kemampuan berpikir kreatif; Aritmatika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 09:07 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |