Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV MIN 3 Tapanuli Tengah

Hasibuan, Fauziah (2024) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV MIN 3 Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPA. Tidak lain disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional saja dengan hanya berpusat pada guru saja (Teacher Center). Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa maka dapat digunakan model pembelajaran make a match sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran make a match di kelas IV MIN 3 Tapanuli Tengah. Penelitian yang dilakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan melaksanakan dua siklus, terdapat 2 kali pertemuan pada setiap siklus.Tiap Satu siklus terbagi atas perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflection). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini ditujukan untuk kelas IV MIN 3 Tapanuli Tengah yang terdiri dari 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka bisa dilihat bahwa model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Tapanuli Tengah. Hal ini dibuktikan pada pada tes prasiklus dengan nilai rata-rata kelas 63 dan ketuntasan sebesar 23% (7 dari 30 siswa). siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 66 dan ketuntasan sebesar 33% (10 dari 30 siswa). Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata kelas yaitu 67,66 dan ketuntasan sebesar 40% (12 dari 30 siswa). Siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,66 dan ketuntasan sebesar 67% (20 dari 30 siswa) pada siklus II pertemuan II dengan nilai rata-rata kelas yaitu 84 dan ketuntasan sebesar 90% (27 dari 30 siswa). Dari siklus II data yang didapat telah mencapai nilai yang diharapkan dengan presentase paling tinggi yaitu 90%, sehingga penelitian ini bisa diberhentikan dengan nilai yang memuaskan. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajran IPA di kelas IV MIN 3 Tapanuli Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Make a match; Ilmu pengetahuan alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Mar 2025 09:05
Last Modified: 26 Mar 2025 01:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11751

Actions (login required)

View Item View Item