Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di Kelas X MAS Al-Washliyah Marbau

Nasution, Fakhruddin (2024) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di Kelas X MAS Al-Washliyah Marbau. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan di setiap jenjang pendidikan Indonesia pada tahun 2022. Kurikulum ini di luncurkan sebagai upaya pemerintah untuk mengangkat kembali sistem pendidikan Indonesia yang sempat menurun semenjak wabah covid 19 melanda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di kelas X MAS Al-Washliyah Marbau serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dari implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di kelas X MAS Al-Washliyah Marbau. Penelitian ini berlokasi di sekolah MAS Al-Washliyah Marbau, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara serta dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskrptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang mana informan pada penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah (wkm) bidang kurikulum, guru pelajaran matematika, serta perwakilan siswa dari kelas X. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan empat indakator didalam mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di kelas X MAS Al-Washliyah Marbau. Adapun indikator tersebut adalah indikator komunikasi, indikator sumber daya, indikator disposisi, dan indikator birokrasi. Indikator-indikator tersebut mampu dalam menjawab bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di kelas X MAS Al-Washliyah Marbau. Sekolah MAS Al-Washliyah Marbau telah menggunakan kurikulum merdeka sejak tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru-guru di MAS Al-Washliyah Marbau telah dibekali dengan pelatihan-pelatihan serta seminar-seminar tentang bagaimana penerapan kurikulum merdeka pada proses pembelajran. Pembelajaran matematika sudah sesuai dengan SOP yang berlaku pada penerapan kurikulum merdeka. Dimana guru matematika di kelas X MAS Al-Washliyah Marbau telah melakukan pembelajaran dengan menggunakan buku ajar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pelajaran matematika. Pada proses pembelajaran, guru matematika sudah melakukan pembelajaran sesuai dengan modul ajar yang disusun, diamana guru matematika menggunakan media projek pembelajaran seperti infokus serta melakukan penguatan profil pancasila didalam pembelajaran dan guru pelajaran matematika membentuk siswa menjadi kelompok yang bertujuan agar siswa bergotong royong didalam menyelesaikan permasalahan dari materi yang diajarkan tersebut. Adapun indikator yang sudah berjalan dengan baik adalah indikator komunikasi, indikator disposisi, serta indikator birokrasi. Sedangkan pada indikator yang harus ditingkatkan kembali adalah indikator sumber daya, terutama pada sumber daya sarana dan pra sarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 21 Mar 2025 09:04
Last Modified: 25 Mar 2025 07:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11750

Actions (login required)

View Item View Item