Pane, Mariati Putri (2024) Strategi pemasaran dalam meningkatkan produk kerajinan tenun Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200242.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Usaha kerajinan tenun di Kecamatan Sipirok Kabupate Tapanuli Selatan merupakan usaha kerajinan tenun yang memproduksi bakal baju tenun khas Tapanuli Selatan. Usaha kerajinan tenun ini sudah di kenal oleh masyarakat sipirok. Dalam hal ini peneliti bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran usaha kerajinan tenun sipirok. Teori-teori yang digunaan dalam penelitian ini adalah pengertian strategi, pengertian pemasaran, pengertian pemasaran syariah, analisis SWOT yang meliputi yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Matriks SWOT meliputi matriks IFE, matriks EFE. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang yang terhubung dengan pembuat dannpemasaran dalam produk tersebut. Teknik pengumpulan data adalah diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sementara teknik analisis datanya dengan menggunakan matriks IFE, matriks EFE, dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa produsen dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dengan mengoptimalkan upaya mereka untuk meningkatkan penjualan, memperkuat posisi pasar, dan memastikan keberlanjutan produk mereka dipasar. Berdasarkan hasil pengolahan datanya adalah dilihat dari skor hasil matrik IFE yaitu 0,990, sedangkan total dari hasil matriks EFE adalah 0,818. Selanjutnya setelah dapat hasil dari matriks IFE, EFE, maka akan dapat hasil matriks SWOT yaitu dengan strategi SO dengan mempertahankan kualitas produk, meningkatkan kualitas pemasaran, startaegi WO meningkatkan promosi produk dengan memanfaatkan internet/teknologi informasi. Strategi ST ialah terus melakukan inovasi dan meningkatkan pendapatan. Strategi WT meningkatkan inovasi dan kreatif pada produk kain tenun agar diminati konsumen, dan cepat dan tanggap apabila terjadi kesalahan atau kendala dalam produksi dan distribusi produk kerajinan tenun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, S.E.I., M.A dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E |
Keywords: | Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Tenun Sipirok |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:51 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |