Fadhilah, Rizky (2024) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII SMP Negeri 2 Siabu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama yang membosankan karena guru yang menyampaikan materi pembelajaran tidak selalu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga membuat siswa sulit untuk memahami materi yang di sampaikan yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Siabu. Tujuan dari penelitian ini adalah unutk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Siabu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siabu. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sehingga dalam penelitian sampel yang digunakan kelas VIII 1 dan VIII 2. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Dalam penelitian ini instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang sudah divalidasi. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi dan berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaaan rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 70,63 dalam kategori penilaian baik dan rata-rata pada kelas kontrol yaitu 54,83 dalam kategori penilaian cukup. Dari uji t yang diperoleh yaitu thitung = 6,471 > ttabel = 2,013, dengan signifikan 2-tailed = 0,001< 0,05, sehingga terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha. artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas Vlll SMP Negeri 2 Siabu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Model project based learning ; Hasil belajar; Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:54 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |