Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android pada pokok bahasan trigonometri Kelas X SMA N 1 Kotanopan

Eryansyah, Eryansyah (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android pada pokok bahasan trigonometri Kelas X SMA N 1 Kotanopan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran matematika yang masih konvensional yang bersifat penekanan pada penyampaian materi, rumus-rumus, dan soal evaluasi, pada materi trigonometri, dan penggunaan media pembelajaran yang dipakai juga masih berupa buku dan papan tulis, yang menyebabkan kurang aktifnya peserta didik dan masih dinilai kurang dalam pembelajaran trigonometri, sehingga tingkat hasil belajar peserta didik terhadap materi trigonometri 75% dari jumlah peserta didik kelas X masih dibawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat validitas, praktilitas, dan efektifitas dalam pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android pada pokok bahasan trigonometri untuk kelas X SMA N 1 Kotanopan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis android pada pokok bahasan trigonometri yang memenuhi syarat validitas, praktilitas, dan efektifitas. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Kotanopan yang berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan adalah angket validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, angket respon peserta didik dan guru serta tes hasil belajar peserta didik yang telah divalidasi sebelum dilakukannya penelitian. Hasil penelitian diperoleh : (1) kevalidan media pembelajaran matematika berbasis android pada pokok bahasan trigonometri berdasarkan ahli media, ahli materi dan ahli bahasa sebesar 88% dengan kategori “sangat valid” dan layak diuji coba dilapangan. (2) kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis android pada pokok bahasan trigonometri berdasarkan respon peserta didik dan respon guru sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan layak digunakan di lapangan. (3) keefektifan media pembelajaran matematika berbasis android pada pokok bahasan trigonometri berdasarkan tes hasil belajar peserta didik sebesar 83% dengan kriteria efektif dalam pembelajaran matematika di SMA N 1 Kotanopan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android pada pokok bahasan trigonometri yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anita Adinda, M.Pd dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd.
Keywords: Media pembelajaran; Matematika; Android; Trigonometri; Model ADDIE
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:56
Last Modified: 25 Mar 2025 07:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item