Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh alih kode dan campur kode guru Bahasa Indonesia terhadap keterampilan berbahasa siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan

Harahap, Rizki Ramadhani (2024) Pengaruh alih kode dan campur kode guru Bahasa Indonesia terhadap keterampilan berbahasa siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2021000016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Alih Kode adalah fenomena kebahasaan yang disebabkan oleh peristiwa kedwibahasaan serta adanya bilingualisme dalam masyarakat. Alih kode merupakan fenomena peristiwa tutur yaitu penggunaan dua kode atau lebih oleh dwibahasawan atau multibahasawan. Campur kode adalah suatu peristiwa berbahasa yang mencampurkan dua atau lebih bahasa atau ragam bahasa dalam suatu tindakan berbahasa. Pada umumnya, proses belajar mengajar MTs Negeri 2 Padangsidimpuan, guru dan siswa senantiasa menggunakan alih kode dan campur kode pada tuturannya. Hal ini dilakukan agar proses belajar mengajar dapat dipahami baik oleh guru maupun siswa. Pada ranah pendidikan, alih kode dan campur kode masih dapat kita lihat, terlebih lagi dalam proses belajar mengajar di sekolah. Hal ini terjadi disebabkan oleh warga sekolah yang menguasai lebih dari satu bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alih kode dan campur kode guru bahasa indonesia terhadap keterampilan berbahasa siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Teori – teori yang mendukung penelitian ini terdiri dari sosiolinguistik, kedwibahasaan, alih kode, campur kode, dan indikator variabel independen dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 65 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus taro yamane. Sebelum dianalisis hasil dari hipotesis, peneliti terlebih dahulu melakukan beberapa uji seperti uji validitas, uji reliabilitas, kemudian melakukan uji deskriptif statistik, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskidestisitas, dan uji homogenitas), dan uji koefisien determinasi. Metode analisis data yang digunakan untuk mendapatkan hasil hipotesis penelitian adalah uji regresi linier berganda uji t dan uji F. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh alih kode dan campur kode guru bahasa indonesia terhadap keterampilan berbahasa siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, siswa lebih sering berbicara menggunakan alih kode dan campur kode dalam tuturannya, baik itu saat berpresentasi ataupun ketika berdiskusi kecil saat pembelajaran dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Kedwibahasaan; Alih kode; Campur kode; Keterampilan berbahasa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:34
Last Modified: 25 Mar 2025 07:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item