Dalimunthe, Rahmi Wahyuni (2024) Penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di SD Negeri 1005 Sidomulio Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 1005 Sidomulio Kabupaten Padang Lawas. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai. Mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan pendekatan saintifik yang mengharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pendekatan saintifik berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 1005 Sidomulio Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak melalui pendekatan saintifik di kelas IV SD Negeri 1005 Sidomulio Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1005 Sidomulio Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 1005 Sidomulio Kabupaten Padang Lawas. Hasil Penelitian dengan dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ipa di kelas IV SD Negeri 1005 Sidomulio kabupaten padang lawas. Hal ini dibuktikan secara klasikal sebesar 28,57% ( 6 dari 15 siswa ) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 69,76. Pada siklus I pertemuan II ketuntasan belajar klasil sebesar 74,76% ( 9 dari 12 siswa ) dengan nilai rata-rata 70%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan klasikal sebesar 57,14 % (12 dari 9 siswa ) dengan nilai rata-rata sebesar 74,76. Dan siklus II pertemuan II ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 71,42% ( 15 dari 6 siswa ) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,46. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi 80% maka peneliti ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Pendekatan saintifik; Media audio visual; Sekolah dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:13 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |