Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengguna aplikasi Tiktok Shop (studi kasus pada Mahasiswa FEBI Prodi Ekonomi Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan angkatan tahun 2020)

Sikumbang, Syafitri Handayani (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengguna aplikasi Tiktok Shop (studi kasus pada Mahasiswa FEBI Prodi Ekonomi Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan angkatan tahun 2020). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, emosi positif, motivasi dan persepsi harga terhadap pembelian impulsif mahasiswa FEBI prodi ekonomi syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan angkatan tahun 2020. Selain itu, penelitian ini akan menganalisis faktor manakah yang paling bepengaruh paling dominan dalam melakukan pembelian impulsif pada aplikasi tiktok shop, serta hal yang dianggap penting bagi pembeli dalam faktor-faktor tersebut. Jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t, uji F, uji koefisien determinasi). Berdasarkan hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel promosi terhadap pembelian impulsif, tidak terdapat pengaruh variabel emosi positif terhadap pembelian impulsif, terdapat pengaruh motivasi terhadap pembelian impulsif, dan terdapat pengaruh persepsi harga terhadap pembelian impulsif. Pada uji F terdapat pengaruh promosi, emosi positif, motivasi dan persepsi harga terhadap pembelian impulsif secara simultan dan besar pengaruhnya yaitu bernilai 88,8% dan sisanya sebesar 11,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, M.Si dan Zulaika Matondang, M.Si
Keywords: Promosi; Emosi positif; Motivasi; Persepsi harga; Pembelian impulsif; Aplikasi Tiktok Shop
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:11
Last Modified: 25 Mar 2025 04:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item