Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis gaya kognitif peserta didik dalam menjawab soal di Kelas VIII SMP N 3 Sipirok

Putri, Dwi Adinda (2024) Analisis gaya kognitif peserta didik dalam menjawab soal di Kelas VIII SMP N 3 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gaya kognitif peserta didik dalam menjawab soal. Gaya kognitif merujuk pada cara peserta didik memproses, mengorganisir, dan mengingat informasi. Dalam konteks pendidikan, memahami gaya kognitif peserta didik dapat membantu guru mengembangkan cara belajar peserta didik yang lebih efektif. Gaya kognitif yang ada pada diri peserta didik dibagi dua yaitu gaya kognitif impulsif dan gaya kognitif reflektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya kognitif impulsif peserta didik dalam menjawab soal matematika pada materi lingkaran, dan bagaimana gaya kognitif reflektif peserta didik dalam menjawab soal matematika pada materi lingkaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis peserta didik yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam menjawab soal materi lingkaran, dan untuk menganalisis peserta didik yang memiliki gaya kognitif reflektif dalam menjawab soal materi lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat induktif. Prosedur pengambilan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif berupa reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa gaya kognitif impulsif lebih memahami aspek pemahaman dan aspek penerapan daripada aspek analisis dan aspek sintesis, dan gaya kognitif reflektif paham terhadap aspek pemahaman, aspek penerapan, dan aspek analisis, di aspek sintesis gaya kognitif reflektif masih ada kesalahan dalam menjawab soal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan data hasil analisis gaya kognitif impulsif peserta didik dalam menjawab soal matematika pada materi lingkaran mampu memenuhi aspek pemahaman dan aspek penerapan. Sedangkan gaya kognitif reflektif peserta didik dalam menjawab soal matematika pada materi lingkaran mampu memenuhi aspek pemahaman, aspek penerapan, aspek analisis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si. dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd.
Keywords: Kognitif; Peserta didik; Menjawab soal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:06
Last Modified: 25 Mar 2025 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item