Hutasuhut, Era Fazira (2024) Upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran team games tournament pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN 101570 Hotang Sasa. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500228.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 101570 Hotang Sasa. Hal ini dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan salah satu guru di SD tersebut. Kurangnya penerapan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif ketika proses pembelajaran. Rumusan masalah apakah terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran team games tournament pada mata pelajaran IPA di kelas V, dan bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran TGT. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, pada peserta didik di kelas V yang terdiri dari 11 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam menganalisis data digunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran TGT setiap siklus meningkat. Skor rata-rata keaktifan belajar peserta didik prasiklus sebesar 39,58 meningkat menjadi 50,4 pada siklus I dan 66,97 pada siklus II. Persentase keaktifan belajar peserta didik prasiklus sebesar 21,05% meningkat menjadi 47,36% pada sikus I, hasil refleksi menunjukkan bahwa guru belum sepenuhnya membimbing kelompok diskusi sehingga proses diskusi cenderung pasif, dan keaktifan belajar peserta didik belum mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya, maka dilanjutkan kesiklus dua. Pelaksanaan siklus dua dilakukan untuk memperbaiki kekurangan dan kendala yang muncul pada siklus sebelumnya, dan memperoleh persentase sebesar 84,21% pada siklus II. Dengan menerapkan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik terlihat dari hasil observasi pada setiap pertemuan. Keaktifan belajar peserta didik pada siklus dua telah mencapai indikator keberhasilan yang peneliti targetkan sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus kedua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Team Games Tournament; Keaktifan belajar; Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:03 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |