Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan metode ummi dengan media pembelajaran berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa di SDN 17 Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu

Simanjuntak, Muhammad Iqbal (2024) Pengembangan metode ummi dengan media pembelajaran berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa di SDN 17 Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan membaca al-Qur'an merupakan kompetensi dasar yang penting bagi siswa SD (Sekolah Dasar), terutama di sekolah berbasis Islam. Penggunaan Metode Ummi dalam bentuk konvensional dinilai kurang efektif dalam menarik minat siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi berupa pengembangan media pembelajaran berbasis Android untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca al-Qur'an siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang mendukung penerapan Metode Ummi Jilid 1, guna meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an siswa kelas 3 di SDN 17 Bilah Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta tes pestasi (pre-test dan post-test) untuk menilai efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa membaca al-Qur'an setelah menggunakan aplikasi Android. Rata-rata nilai pre-test adalah 57,50, sedangkan post-test meningkat menjadi 84,50. Uji t-test berpasangan menunjukkan nilai signifikansi (p-value) < 0,001 (ambang batas 5% atau 0,05) yaitu 0,004 dan 0,009, yang menandakan perbedaan signifikan antara kedua hasil. Aplikasi ini juga mendapatkan respon positif melali wawancara dari siswa dan guru terkait kemudahan penggunaan. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti jumlah partisipan yang hanya 20 siswa dan kendala teknis perangkat. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak partisipan dan memperbaiki fitur aplikasi. Media pembelajaran ini diharapkan menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an di era digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Dr. Muhammad Roihan Daulay, M.A.
Keywords: Media Pembelajaran; Android, Metode Ummi; Pengembangan 4D; Al-Qur'an; Sekolah dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:54
Last Modified: 25 Mar 2025 03:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item View Item