Khoiriah, Khoiriah (2024) Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa Kelas V SD Negeri 080 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, guru cenderung menggunakan metode ceramah, media yang digunakan hanya sebatas papan tulis tidak terdapat media tambahan lain yang mendukung proses pembelajaran. Meskipun kegiatan menarik seperti diskusi kelompok sudah dilakukan oleh guru akan tetapi sebagian besar siswa jarang terlibat aktif sehingga siswa kurang bersemangat dalam melakukan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 080 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 080 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Hasil belajar adalah perolehan kemampuan dalam mengolah atau berpikir menggunakan intelektual yang hasilnya akan menambah pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melakukan kolaborasi dengan guru, dimana penelitian sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Prosedur penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, obserasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dalam I siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 080 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Dilihat dari hasil belajar siswa di kelas VSD Negeri 080 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Dilihat dari hasil belajar siswa, pra-siklus yaitu nilai rata-rata 55 dengan persentase ketuntasan 25%, pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata kelas 64,58 dengan persentase ketuntasan 37,5%, pada pertemuan ke-2 siklus I nilai rata-rata kelas 67,5 dengan persentase ketuntasan 54,16%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata kelas 73,33 dengan persentase ketuntasan 70,83%, pada pertemuan ke-2 siklus II nilai rata-rata kelas 88,75, dengan persentase ketuntasan 87,75%. Dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA terlihat dari hasil observasi pada setiap pertemuan. Hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang peneliti targetkan sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus kedua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Amin, M.Ag dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Model picture and picture; Ilmu Pengetahuan Alam; Sekolah dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:57 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |