Azizah, Dina (2024) Pengaruh model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VIII pada materi lingkaran di SMP Negeri 1 Tambangan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kesulitan menjawab soal matematika jika soal yang diajukan sedikit berbeda dengan contoh soal yang diberikan guru. Selama proses pembelajaran, siswa sering mengantuk di dalam kelas, merasa bosan, lebih suka bermain sendiri, serta kurangnya minat siswa untuk belajar khususnya matematika.. Permasalahan tersebut menuntut guru untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, menarik perhatian siswa, dan memberikan model dan metode yang berbeda dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi lingkaran di SMP Negeri 1 Tambangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhyang signifikan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi lingkaran di SMP Negeri 1 Tambangan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII dan untuk teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran pegajuan dan pemecahan masalah (Jucama) dan kelas kontrol tidak beri perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji independent sampel t – tes setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen dalam hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan rata - rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen mempunyai rata – rata sebesar 73,05 dan kelas kontrol sebesar 51,56. Ada pengaruh yang signifikan pada kelas ekperimen model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi lingkaran di SMP Negeri 1 Tambangan. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% sebesar (Sig. (2-tailed)) = 0,000 dengan nilai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd. |
Keywords: | Matematika; Model pemebeljaran pengajuan dan pemecahan masalah; Berpikir kreatif; Lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:55 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |