Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan kognitif dengan menggunakan model problem possing pada siswa kelas vii-1 di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.

Pulungan, Juhro (2019) Peningkatan hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan kognitif dengan menggunakan model problem possing pada siswa kelas vii-1 di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam pelaksanaan proses belajar mengajar matematika menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tampak kurang berminat, kurang bergairah, dan cenderung tidak aktif sehingga tidak mencapai target pembelajaran yang diinginkan.Sehingga siswa merasa kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru yang berakibat pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari 28 siswa 12 siswa mendapat nilai 64, 10 siswa mendapat nilai 60, dan 5 siswa mendapat nilai 75 , sementara nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) matematika 75. Dalam hal ini guru lebih sering dengan metode Ceramah dan Tanya Jawab. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan model Pembelajaran Model Problem Possing agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan mampu mengemukakan pendapat sendiri sehingga hasil belajar matematika siswa meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Peningkatan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Dengan Menggunakan Model Problem Possing Pada Siswa Kelas VII-1 di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Dengan subjek penelitian kelas VII-1 yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yaitu analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP N 7 Padangsidimpuan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Possing. Karena peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui tes yang diberikan selama proses pembelajaran berlangsung dari siklus I pertemuan I dari 53,57% menjadi 57,14 % siklus I pertemuan II dan pada siklus II pertemuan I dari 75% menjadi 85,14% siklus II pertemuan II. Sesuai dengan indikator tindakan penelitian ini hasil yang diperoleh sudah melewati nilai rata-rata yang telah ditentukan yaitu nilai rata-rata 75 sampai siklus II pertemuan 2 yaitu 77,92 dengan persentase siswa yang tuntas 85,72

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sehat Sultoni Dalimunte, S.Ag., M.A dan Dr. Almira Amir, M.Si
Keywords: Model pembelajaran problem possing, Hasil Belajar, Kemampuan Kognitif
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 04 May 2020 01:54
Last Modified: 28 Jul 2021 02:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item