Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di Kelas IV SD Negeri 100370 Sungai Datar Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Asroito (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di Kelas IV SD Negeri 100370 Sungai Datar Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di kelas IV masih tergolong rendah, karena proses pembelajaran masih dominan menggunakan model pembelajaran secara konvensional yaitu model pembelajaran yang hanya berpusat pada guru. untuk mengatasi masalah tersebut, maka diterapkan model pembelajaran kooperatit tipe Scramble agar siswa lebih termotivasi dan bersemangat pada proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 100370 Sungai Datar Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di Kelas IV SD Negeri 100370 Sungai Datar Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100370 Sungai Datar, pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada siklus 1 pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa (52%), siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa (43,3%), sedangkan siklus I pertemuan ke-2 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (78%), siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (22%). Pada siklus II pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (89%), jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa (11%),Hasil penelitian diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran tipe scramble pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 100370 Sungai Datar Kabupaten Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Misahradarsih Dongoran, M.Pd
Keywords: Kooperatif tipe scramble; Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Alam; Sekolah dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Mar 2025 10:09
Last Modified: 25 Mar 2025 03:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item