Lubis, Ummi Kalsum (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi barisan dan deret di Kelas XI SMA N 1 Ranto Baek. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran seperti LKPD di sekolah tersebut, di SMA N 1 Ranto Baek lebih sering menggunakan buku pegangan guru dan buku paket, serta rendahnya pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada pokok bahasan barisan dan deret. Penelitian ini bertujuan untuk validitas, praktikalitas dan efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi barisan dan deret dikelas XI SMA N 1 Ranto Baek. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). model pengembangan yang digunakan di penelitian ini adalah ADDIE yang melalui lima tahap di antaranya, analysis, design, development, implementation, and evaluation. Validasi LKPD terdiri dari validasi ahli teknologi pendididikan atau desain, ahli materi dan ahli bahasa. Di uji coba di kelas XI MIA 2, subjek uji coba dilakukan di SMA N 1 Ranto Baek yang berjumlah 25 siswa. Ahli desain atau teknologi pendidikan terdiri dari 2 validator , ahli materi 3 orang dan ahli bahasa 2 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dari hasil persentase keseluruhan validasi sebesar 79,91 % berada dikategori valid. kepraktisan dari seluruh aspek ditunjukkan dengan nilai 78,18% berada dikategori Praktis. Kemudian nilai efektivitas dari seluruhnilai hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai 61,27% nilai ini didapat dari nilai rata – rata keseluruhan hasil belajar siswa selalu lalu dikali seratus persen dikategorikan efektif. Dengan demikian dapat dinyatan bahwa LKPD sudah layak, menarik dan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasituon, M.Pd dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Kontekstual; Pemahaman konsep; Barisan dan deret |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 10:04 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |