Nasution, Annisah (2024) Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 094 Gunungtua Lumban Pasir Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500253.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini disebabkan metode yang digunakan lebih banyak menggunakan metode ceramah dan hanya mengerjakan soal tanpa didukung model pembelajaran yang lain dan tanpa alat bantu mengajar yang bervariasi, sehingga siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan mengakibatkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran Reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 094 Gunung Tua Lumban Pasir?. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan Penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahamn pada siswa di kelas V sdn 094 Gunungtua Lumban Pasir. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan, tes. Hasil penelitian adanya peningkatan hasil kemampuan membaca siswa dari pra siklus ,siklus I sampai siklus II, dimana pada pra siklus nilai rata-rata 67,92 kemudian pada siklus I nilai rata- rata 71,64 menjadi 75,44, dan siklus II nilai rata-rata 80,84 menjadi 84,56. Persentase siswa yang tuntas pada pra siklus 37,88%, kemudian meningkat pada siklus I dari 44% menjadi 60% dan pada siklus II 72% menjadi 92%. Persentase yang tidak tuntas pada pra siklus 62,12%, menurun pada siklus I 56% menjadi 40%, dan pada siklus II 28% menjadi 8%. Sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan pada penelitian ini, dimana siswa sudah melewati KKM (75) dengan nilai rata-rata 84,56 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan Kemampuan membaca Pemahaman Pada siswa kelas V SDN 094 Gunungtua Lumban Pasir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Reciprocal teaching; Membaca; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 09:52 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |