Azizah, Riski (2024) Efektivitas permainan tradisional petak engklek terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar di SMPN 1 Panyabungan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang memahami materi yang sudah di sampaikan oleh guru khususnya untuk materi bangun datar, sehingga hasil belajar yang diproleh siswa masih sangat rendah. Kemudian beberapa dari mereka juga merasa bahwa proses pembelajaran yang diterapkan cukup membosankan dan tidak menarik sehingga peneliti mencoba untuk meneliti dan mencari solusi atas masalah tersebut dengan cara menerapkan permainan tradisional petak engklek yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya permainan tradisional petak engklek terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan? (2) Apakah permainan tradisional petak engklek efektif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan?Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan model One Group Pretest-Posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling atau berdasarkan pertimbangan dari Guru yang bersangkutan, sampel yang dipilih yaitu gabungan antar kelas VII-1 dan VII-2. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan. Instrumen yang digunakan adalah 10 soal essay yang merupakan tes hasil belajar berupa kemampuan kognitif siswa pada materi bangun datar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan permainan tradisional petak engklek dengan hasil yang diperoleh dari nilai (Sig. (2-tailed)) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima. Berdasarkantabel perhitungan N-Gain yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mean atau rata-rata sebesar 67,31 sehingga berdasarkan tabel kategori rata-rata keefektifan data tersebut masuk kedalam kategori efektif sehingga (2) Permainan tradisional petak engklek efektif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si |
Keywords: | Permainan tradisional; Petak engklek; Hasil belajar; Kognitif; Bangun datar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 09:43 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |