Rambe, Pangaloan (2024) Analisis strategi pemasaran syariah produk UMKM UD. Sinar Bintang di Desa Batang Baruhar Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1740200285.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya teori strategi pemasaran syariah yang menjunjung tinggi nilai-nilai syariah dalam usahanya. UD. Sinar Bintang adalah salah satu pelaku usaha UMKM yang melaksanakan strategi pemasaran yang cukup baik karena mengalami penjualan yang cukup baik dengan rata-rata pendapatan 11.000 lusin pertahun. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran strategi pemasaran pemilik usaha produk UMKM UD. Sinar Bintang dan penerapan strategi pemasaran syariah pada produk UMKM UD. Sinar Bintang di Desa Batang Baruhar Julu Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan metode observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis matriks SWOT. Hasil penelitian adalah Strategi pemasaran usaha kecap asin UD. Sinar Bintang terdiri dari 1) Strategi produksi terdiri dari meningkatkan kualitas produk, dan pelayanan yang baik, 2) Strategi harga, yaitu penetapan harga yang terjangkau, 3) Strategi tempat/lokasi, yaitu mudah dijangkau karena berada disekitaran lingkungan masyarakat, 4) Strategi promosi, yaitu mendatangi konsumen, menyebarkan brosur, dan media sosial (Facebook). Penerapan strategi pemasaran untuk usaha kecap asin UD. Sinar Bintang Desa Batang Baruhar Julu Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara, sesuai dengan analisis SWOT, dapat diuraikan sebagai berikut: Pertama, Menerapkan strategi S-O dengan fokus pada peningkatan permintaan pasar. Usaha kecap asin UD. Sinar Bintang perlu menjaga kualitas produknya agar konsumen tetap loyal (bertahan), sekaligus tetap mempertahankan harga penjualan yang tetap terjangkau masyarakat. Kedua, Mengoptimalkan strategi W-O dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan promosi dan memperluas jaringan pemasaran. Ketiga, Menerapkan strategi S-T dengan responsibilitas cepat terhadap masalah dan hambatan. Usaha UD. Sinar Bintang harus meningkatkan hubungan internal dan eksternal mengunggulkan produknya. Keempat, Mengadopsi strategi W-T dengan meningkatkan dan memperluas jaringan promosi serta penjualan untuk mendapatkan tanggapan positif. Selain itu, perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk UD. Sinar Bintang, memperbarui alat produksi, dan melakukan promosi yang lebih luas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi, S.E., M.Si. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si. |
Keywords: | Strategi pemasaran; Pemasaran syariah; UMKM; SWOT |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:14 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |