Murni, Ratna (2024) Kontribusi kepala sekolah dalam memajukan pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Nahdatul Ulama Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920100123.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kontribusi kepala sekolah sangat penting untuk dilakukan untuk membantu kesejahteraan sekolah dan lebih utama lagi kesejahteraan diberikan kepada seluruh perangkat sekolah dan siswa agar sekolah menjadi sekolah yang nyaman dan maju. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja bentuk-bentuk kontribusi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagaimana efektivitas kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Apa saja kendala Yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi kepala sekolah dalam memajukan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan Penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa : Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Memajukan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yaitu Kepala Sekolah mendeskripsikan tanggung jawabnya terlebih dahulu mengadakan perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pengendalian. Efektivitas kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam dapat dilihat dari kriteria-kriteria mampu memberdayakan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar, produktif. Seperti sebelum melakukan pertemuan dengan perangkat sekolah kepala sekolah kembali mengadakan perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengendalian. Kendala kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam kunci kenyamanan dalam belajar yaitu dalam proses perbaikan gedung, penambahan ruang, alat-alat perlengkapan sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdusima Nasution, M.A. dan Ade Suhendra, M.Pd.I |
Keywords: | Kontribusi; Efektivitas; Kendala |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 02:32 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |