Nasution, Ardiansyah (2024) Peningkatan hasil belajar bacaan al-Qur’an dengan menggunakan metode iqra’ di Yayasan Habib Abadan Nur Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padang Sidempuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920100093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar bacaan Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran BTQ di kelas ‘Adn tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran sering kali didominasi oleh kegiatan mencatat dan membaca buku dan metode pembelajaran yang didominasi guru terlalu monoton. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bacaan Al-Qur’an siswa di Yayasan Habib Abadan Nur Padangsidimpuan Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan serta untuk mengetahui penigkatan hasil bacaan Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqra’ di Yayasan Habib Abadan Nur Padangsidimpuan Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengematan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan memberikan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas ‘Adn Yayasan Habib Abadan Nur Padangsidimpuan Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Iqra diterapkan dengan cara siswa diarahkan untuk berdiskusi dan membentuk kelompok dimana setiap kelompok memiliki ketua kelompok untuk menjelaskan materi yang telah dijelaskan oleh guru. Dan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bacaan Al-Qur’an. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes lisan (Speaking Test) sebelum menggunakan metode Iqra’ hanya 18,75% (3 siswa) dengan nilai rata-rata 61,5 yang memenuhi KKM. Kemudian pada siklus I persentase siswa meningkat menjadi 62,5 (10 siswa) dengan nilai rata-rata 74,67. pada siklus II persentase siswa meningkat menjadi 87,5 (14 siswa) dengan nilai rata-rata 82,1. Selisih persentase dari siklus I dengan Siklus II sebesar 25% (4 Siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 7,43. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Iqra’ dapat meningkatkan hasil belajar bacaan Al-Qur’an siswa di Yayasan Habib Abadan Nur Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Ade Suhendra, S.Pd., M.Pd.I |
Keywords: | Metode Iqra’; Hasil Belajar; Al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 02:23 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |