Sigalingging, Masniari (2024) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sabun telepon cream di masyarakat Kelurahan Wek VI. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1840200281.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Persaingan yang ketat di pasar sabun cuci mendorong Sabun Telepon Cream untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam di Indonesia. Sabun Telepon Cream memang belum termasuk dalam Top Brand Aword, tetapi mayoritas masyarakat Kelurahan Wek VI menggunakan ataupun memilih Sabun Telepon Cream sebagai sabun untuk mencuci pakaian ataupun piring kotor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Sabun Telepon Cream di masyarakat Kelurahan Wek VI. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis apakah kualitas produk maupun harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian sabun Telepon Cream. Sampel pada penelitian berjumlah 97 responden. Selain itu, sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, uji instrumen yang dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas. Untuk mengetahui apakah variabel secara parsial berpengaruh terhadap variabel terikat, dilakukan uji asumsi dasar seperti uji normalitas dan uji linearitas. Kemudian, uji asumsi klasik yang dilakukan meliputi uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji koefisien determinasi (R2), uji koefisien regresi secara parsial (uji t), dan uji koefisien regresi secara simultan (uji F). Analisis data dalam penelitian ini dibantu menggunakan perangkat lunak SPSS 23.0. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan terdapat pengaruh positif kualiras produk dan harga secara bersamaan terhadapap keputusan pembelian sabun telepon cream di masyarakat Kelurahan Wek VI. Secara keseluruhan, kualitas produk dan harga memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian sabun Telepon Cream. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi produsen sabun cuci lainnya dalam mengembangkan strategi bisnis yang lebih kompetitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan M. Fauzan, M.E.I |
Keywords: | Harga; Kualitas produk; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:30 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |