Harahap, Yenni (2024) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencapai mutu pendidikan Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1820100281.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan dimana jam pelajaran agama Islam kurang efektif. Dan jam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan dalam satu minggu hanya 2 jam pembelajaran. Apalagi ditambah dengan pembelajaran BTQ yang membuat meteri Pendidikan Agama Islam yang lain kurang tersampaikan kepada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencapai mutu pendidikan Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, dan yang kedua apa faktor pendukung dang penghambat guru pendidikan agama Islam dalam mencapai mutu pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan kecamatan Padangsidimpuan Utara kota Pangsidimpuan. Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat di lapangan. Dalam pelaksanaannya, peneliti langsung masuk ke lapangan dan berusaha mengumpulkan data secara lengkap sesuai dengan pokok permasalahan penelitian. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan dalam mencapai mutu pendidikan agama Islam harus membutuhkan kerja keras komponen yang ada di sekolah. Salah satunya adalah guru pendidikan agama Islam. Berdasarkan hasil pembahasan upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan adalah dengan adanya upaya pendidikan agama Islam dalam mencapai mutu pendidikan Islam dengan strategi guru, dan dengan proses pembelajaran. Faktor pendukung guru pendidikan agama Islam dalam mencapai mutu pendidikan di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan salah satunya guru, siswa, sarana dan prasarana, kurikulum. Kemudian faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam mencaoai mutu pendidikan Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan seperti, pembagian jam pelajaran belum merata, kurangnya kemauan siswa, faktor keluarga, faktor kurangnya motivasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I. |
Keywords: | Upaya; Guru; Mutu |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:55 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |