Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan usaha mikro kecil menengah pabrik tahu

Sayuti, Ahmad (2024) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan usaha mikro kecil menengah pabrik tahu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200275.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah kurang berkembangnya Pabrik Tahu Desa Rondaman Dolok dikarenakan penurunan penjualan beberapa tahun terakhir dikarenakan banyaknya persaingan produk semakin variatif. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan suatu strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di masa yang akan datang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan UMKM Pabrik Tahu Desa Rondaman Dolok. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran apa saja yang digunakan dalam meningkatkan penjualan UMKM Pabrik Tahu Desa Rondaman Dolok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan matriks EFAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha UMKM Pabrik Tahu Desa Rondaman Dolok memperoleh nilai skor IFAS 2,7 yang menunjukkan bahwa posisi internal dalam perusahaan ini cukup kuat, sedangkan pada nilai skor EFAS 4,0 menunjukkan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dengan menghindari ancaman-ancaman yang ada pada perusahaan tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si
Keywords: Analisis SWOT; Penjualan; Pabrik Tahu; Strategi Pemasaran; UMKM
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:32
Last Modified: 26 Mar 2025 07:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11687

Actions (login required)

View Item View Item