Harahap, Nelli Agustina (2024) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas V SDN 1110 Pirnak Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500218.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model dan media pmbelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi organ gerak hewan dan manusia pada pembelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa didalam kelas pada pembelajaran IPA yang masih monoton dan masih terpokus ke pada guru. Minimnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelalajaran karena kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 1110 Pirnak Barumun Kecamatan Aek nabara Barumun, melalui Penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media gambar dan video pada materi organ gerak hewan dan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kaloborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1110 Pirna Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun, dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 20 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media gambar dan video mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase ketuntasan 40% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang dengan presentase 60%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dengan presentase 60% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang dengan presentase 40. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dengan presentase 75% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan presentase 25%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dengan presentase 85% dan jumlah yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan presentase 15%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar ipa materi organ gerak hewan dan manusia pada siswa kelas V SDN 1110 Pirnak Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd dan Ade Suhendra, M.Pd.I |
Keywords: | Hasil belajar; IPA; Model Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |