Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas v di SDN 200403 Padangsidimpuan

Harahap, Tuti Alawiyah (2024) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas v di SDN 200403 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 200403 berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada rentang nilai 61 diindikasikan katagori rendah. Penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematis adalah metode pembelajaran yang digunakan di dalam kelas. Guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, siswa cukup mendengarkan dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Selanjutnya siswa mencatat yang disampaikan oleh guru. Tindakan seperti ini yang membuat siswa menjadi pasif di kelas. Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 200403 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas V SDN 200403 Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 200403 Padangsidimpuan yang terdiri dari 21 siswa dengan 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah sebelum dilakukannya tindakan, nilai rata-rata 60% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 15 siswa. Siklus I pertemuan I nilai rata-rata 64,05 dengan jumlah yang tuntas sebanyak 9 dan yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa. Pada pertemuan ke II nilai rata-rata 76,19 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata 79,28% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa. Kemudian pada pertemuan ke II nilai rata-rata 86,67 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa. Selisih antara nilai rata-rata dari siklus I dengan siklus II yaitu 10,48. Dengan peningkatan yang diperoleh maka penelitian dapat dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Model pembelajaran problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:34
Last Modified: 17 Mar 2025 03:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item