Hasibuan, Tipa Silvi Angraini (2024) Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 0603 Tandihat Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran IPA. Masalah ini terjadi karena kurangnya perhatian siswa saat guru menjelasakan pembelajaran, kurangnya interaksi siswa dengan guru saat proses pembelajaran berlangsung, proses pembelajaran yang monoton, penggunaan model yang tidak sesuai, tidak memberikan motivasi terlebih dahulu atau tidak mengikut sertakan peserta didik dalam proses pembelajaran sehinga pembelajaran yang dilaksanakan tidak berfariasi dan tidak menarik perhatian (minat) peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu,apakah dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatakan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA Di SDN 0603 Tandihat Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten padang Lawas. Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 0603 Tandihat Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelaas V SDN 0603 Tandihat Kecamatan Ulu Barumun dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan pada peneliian ini yaitu observasi dan angket minat belajar siswa. Sedangakan teknik analisi data pada yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakn dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya,yang masing-masng siklus trdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V sdn 0603 Tandihat Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 0603 Tandihat Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas yaitu dari rata-rata 62,77 menjadi 81. Maka penelitian ini dapat dikatan berhasil dikarenakan siswa sudah memperoleh minat belajar ≥ 80 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | IPA; Minat belajar; Picture and picture |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:27 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |