Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan LKPD berbasis relating, experiencing, applying, cooperating and transfering untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di Kelas VIII SMP N 2 Padangsidimpuan

Lubis, Fadli Rosihan (2024) Pengembangan LKPD berbasis relating, experiencing, applying, cooperating and transfering untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di Kelas VIII SMP N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki pemahaman konsep yang rendah sehingga siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal maupun permasalahan yang berbeda dari contoh soal yang ada dalam buku paket pada materi menyederhanakan bentuk aljabar. Hal ini disebabkan oleh guru yang monoton menggunakan buku paket dalam proses pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar tambahan seperti LKPD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana validitas, praktikalitas dan efektivitas dari LKPD berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering (REACT) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas VIII SMP N 2 Padangsidimpuan?: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas dari LKPD berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas VIII SMP N 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon guru, angket respon siswa dan tes pemahaman konsep siswa yang telah divalidasi sebelum dilaksanakannya penelitian. Hasil dari peenlitian ini adalah (1) Kevalidan dari LKPD berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering berdasarkan angket validasi ahli materi dan ahli media memperoleh rata-rata sebesar 80% dengan kriteria “Valid”; (2) Kepraktisan dari LKPD berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering berdasarkan angket respon guru dan siswa memperoleh rata-rata sebesar 92,23% dengan kriteria “Sangat Praktis”; (3) Keefektivan dari LKPD berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering berdasarkan hasil ketuntasan tes pemahaman konsep siswa memperoleh rata-rata sebesar 86,67% dengan kriteria “Efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Anita Adinda, S.Si., M.Pd
Keywords: LKPD; Pemahaman konsep; REACT
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:20
Last Modified: 17 Mar 2025 03:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11673

Actions (login required)

View Item View Item