Nurhafifah, Nurhafifah (2024) Penggunaan media tangga pintar untuk meningkatkan keterampilan proses pada pembelajaran matematika materi pengukuran untuk siswa kelas iv di SD Negeri 200113 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses siswa pada pembelajaran matematika yang disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi pengukuran pada pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa di dalam kelas pada pembelajaran matematika masih monoton dan masih terpokus ke pada guru. Minimnya ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran karena kurang bervariasi menggunakan media pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga siswa kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap keterampilan proses siswa pada pembelajaran matematika. Peneliti mencari media yang dapat meningkatkan keterampilan proses siswa yaitu dengan menggunakan media Tangga Pintar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 200113 Padangsidimpuan, melalui penggunaan media Tangga Pintar pada materi pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200113 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal keterampilan proses. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan proses siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media Tangga Pintar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil keterampilan proses pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase ketuntasan 33,33% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 19 orang dengan persentase 66,66%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase ketuntasan 45,83% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 orang dengan persentase 54,16%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase ketuntasan 70,83% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase 29,16%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang dengan persentase ketuntasan 87,5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase 12,5 %. Dengan demikian keterampilan proses siswa pada pembelajaran matematika dari siklus I sampai II mengalami peningkatan dengan menerapkan media Tangga Pintar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Media tangga pintar; Keterampilan proses |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:15 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |