Sitompul, Melati Sukma (2024) Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran fisika di Kelas XI MIPA 2 MAN Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020900004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui penerapan model Problem Based Learning. Model Problem Based Learning diartikan sebagai model pembelajaran berbasis masalah yang dimana model pembelajaran ini melibatkan siswa dalam proses pemecahan suatu permasalahan melalui materi yang disajikan. Subjek penelitian ini kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 34 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan butir soal tes kemampuan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak 10 siswa dari 34 siswa dengan nilai persentase 29%. Meningkat pada siklus I pertemuan I sebanyak 15 orang siswa yang tuntas dengan nilai persentase 44%, dan pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan sebanyak 19 siswa yang tuntas dengan persentase 56%, dan pada siklus II pertemuan I siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa dengan nilai persentase 68%, dan pada siklus II pertemuan II terjadi peningkatan dari pertemuan sebelumnya sebanyak 28 siswa dengan persentase ketuntasan 82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa penerapan model Problem Based Lerning pada materi usaha dan energi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa di kelas XI MIPA 2 MAN Tapanuli Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc |
Keywords: | Problem based learning; Kemampuan kognitif; Usaha dan energi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:41 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |