Safitri, Marida (2024) Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V MIN Aek Nabara Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920500046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas V MIN Aek Nabara. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang tidak sesuai dan kurang melibatkan siwa dalam proses pembelajaran, akibatnya siswa cenderung lebih banyak bermain pada saat jam pelajaran dan kurang merespon guru yang sedang mengajar di depan kelas. Sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat diterapkan model pembelajaran Picture and Picture yang mengharuskan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V MIN Aek Nabara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V MIN Aek Nabara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN Aek Nabara Kabupaten Padang Lawas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 15 siswa, 8 perempuan dan 7 laki-laki. Pada kondisi awal nilai persentase ketuntasan belajar 33,33% dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 65%. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus I ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 53,33% dengan nilai rata-rata 75. Siklus II ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 80% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84,33. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd. |
Keywords: | Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); Model Pembelajaran Picture And Picture |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 08:16 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 08:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |