Siregar, Aidul Arsyad (2024) Konsep pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100277.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan akhlak peserta didik dilingkungan sekolah masih sangat kurang baik, hal ini terjadi dikarenakan pengetahuan agama dan moral atau budi pekerti yang didapatkan peserta didik di bangku sekolah ternyata tidak terdampak terhadap perubahan sikap watak dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan sebagian pihak lagi menilai bahwa praktik demoralisasi yang marak akhir-akhir ini juga terjadi lantaran proses pembelajaran cenderung mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti hanya sebatas teks dan mengukur keberhasilan peserta didik hanya berdasarkan angka dan kurang mempersiapkan peserta didik untuk menyikapi dan menghadapi kehidupan yang kontradiktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak yang ada didalam kitab Bidayatul Hidayah yang ditulis oleh Imam Al- Ghazali. Penelitian ini memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan akhlak baik di lingkungan sekolah. Dan juga memberikan informasi pengetahuan kepada instansi pendidikan dalam penanaman akhlak mulia terhadap anak bangsa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pemaparan deskriprif analisis yang menggunakan teknik analisis kajian melalui studi kepustakaan (Library Research). Menggunakan teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber-sumber pustaka yang relevan seperti jurnal, buku-buku pendidikan, akhlak tasawuf, khususnya kitab Bidayutul Hidayah karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan analisis yang digunakan pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan Content Analysis (analisis isi atau kajian). Yaitu, metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi data dan mengkaji data. Hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan 3 konsep pendidikan akhlak dalam kitab Bidayatul Hidayah sebagai berikut :1. Konsep pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu di antaranya: memiliki niat baik dalam mencari ilmu dan mengamalkan ilmu. 2. Konsep pendidikan akhlak dalam meningkatkan kualitas diri di antaranya: menggukanan waktu dengan baik, menjaga diri dari larangan Allah Swt, menjauhi larangan Allah Swt yang bersifat lahiriyah, menjauhi larangan Allah Swt yang bersifat batiniyah. 3. Konsep pendidikan akhlak dalam pembelajaran di antaranya: akhlak sebagai seorang pendidik, akhlak sebagai seorang peserta didik dan akhlak terhadap sahabat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Sufrin Efendi Lubis, Lc., M.A. dan Anwar Habibi Siregar, M.A.Hk. |
Keywords: | Akhlak; Bidayatul Hidayah; Imam Al-Ghazali; Konsep; Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:50 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 03:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |