Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model problem based learning pada materi fluida statis berbantu LKS untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa Kelas XI IPA 2 Ponpes Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Padang Lawas

Hasibuan, Zubaidah (2024) Penerapan model problem based learning pada materi fluida statis berbantu LKS untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa Kelas XI IPA 2 Ponpes Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020900001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika materi fluida statis di kelas XI IPA 2 Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Padang Lawas. Hal ini disebabkan oleh metode yang diterapkan yaitu metode ceramah dan diskusi. Media pembelajaran yang digunakan yaitu buku cetak atau buku paket dan variasi media pembelajaran yang kurang. Penelitian ini akan dilihat apakah kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat setelah diterapkannya Model PBL pada Materi Fluida Statis Berbantu LKS Siswa Kelas XI IPA Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Padang Lawas. Sedangkan tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah setelah penerapan model PBL pada materi Fluida Statis Berbantu LKS Siswa Kelas XI IPA 2 Ponpes Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 Ponpes Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Padang Lawas tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil test yang diperoleh dari prasiklus, siklus I sampai siklus II. Siswa yang tuntas pada waktu prasiklus sebanyak 6 siswa dari 29 siswa dengan nilai persentase 20%. Meningkat pada siklus I pertemuan I sebanyak 10 orang siswa yang tuntas dengan nilai persentase 35%, dan pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan sebanyan 13 siswa yang tuntas dengan persentase 45%, dan pada siklus II pertemuan I siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dengan nilai persentase 66%, dan pada siklus II pertemuan II terjadi peningkatan dari pertemuan sebelumnya sebanyak 24 siswa dengan persentase ketuntasan 83%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model PBL berbantu LKS pada materi fluida statis dapat meningkatkan pemecahan masalah siswa XI IPA 2 Ponpes Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc
Keywords: Model PBL; Pemecahan masalah; Fluida statis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:54
Last Modified: 28 Feb 2025 02:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11636

Actions (login required)

View Item View Item