Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Yusnidar (2024) Peranan guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100225.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

SMP Negeri 1 Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan terdapat siswa dengan latar belakang Agama yang berbeda di antaranya Islam dan Kristen, dan terdapat siswa yang tidak saling menghargai sesama teman. Oleh sebab itu, perlunya sikap nilai toleransi beragama di antara siswa, dengan tujuan supaya suasana belajar dapat terjalalin dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan, dan faktor penghambat dalam menumbuhkan nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Arse kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru pendidikan Agama Islam dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan:1) peranan guru pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi kepada siswa yang beragama lain dengan mengajarkan kepada siswa saling menghargai, saling menghormati, bersikap adil, hidup rukun, saling bekerjasama melalui kegiatan keagamaan dan kebebasan beragama. 2) Faktor penghambat dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan yaitu faktor penghambatnya adalah Kurangnya pemahaman siswa terhadap pengertian dari toleransi dan kurangnya kesadaran siswa bersikap toleransi beragama yang baik, lingkungan dan kurangnya antusias siswa terhadap kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag., M.Pd.I.
Keywords: Peranan Guru, Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:42
Last Modified: 28 Feb 2025 01:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11629

Actions (login required)

View Item View Item