Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran aktif dalam menumbuhkan karakter peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Labuhanbatu Utara

Panjaitan, Meri Br (2024) Implementasi pembelajaran aktif dalam menumbuhkan karakter peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu tentang permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh pendidik (guru Agama) yang di mana dalam proses belajar mengajar kurang termotivasi atau pasif. Melihat dari fakta empiris di lapangan bahwa peserta didik yang masih kurang dalam memahami ajaran agama Islam ini, disebabkan oleh peserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran atau memang cara guru yang monoton dalam mengajar sehingga menyebabkan peserta didik menjadi apatis. Guru harus memilih atau mengganti cara mengajar dengan metode yang tepat yakni metode pembelajaran aktif yang di mana banyak sekali cara belajar aktif dengan metode ini di kelas maupun di luar kelas khususnya dalam pembelajaran Agama Islam. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran karakter peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Labuhanbatu Utara dan untuk mengetahui apa saja model pembelajaran aktif yang diimplementasikan guru Agama pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Labuhanbatu Utara. Rumusan masalah penelitian ini ,yaitu bagaimana gambaran karakter peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI )di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Labuhanbatu Utara dan apa saja model pembelajaran aktif yang diimplementasikan guru PAI pada pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Labuhanbatu Utara. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini ada dua , yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara langsung yang terdiri dari , guru pendidikan agama Islam (PAI), dan peserta didik serta hasil dari observasi. Sumber data sekunder diperoleh dari studi dokumen, naskah, dan arsip yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran aktif pada pembelajaran pendidikan agama Islam ( PAI). Berdasarkan hasil analisa peneliti bahwa aspek dalam penerapan pembelajaran aktif pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI ) melalui model jigsaw, kekuatan dua kepala, terbimbing, diskusi, Tanya jawab pada pembelajaran pendidikan agam Islam (PAI) . Hasil temuan dalam penelitian ini adalah praktek pembelajaran aktif pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI )berhasil membentuk karakter tanggung jawab, mandiri, bersahabat/komunikatif, empati, dan rasa ingi tahu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd.
Keywords: Pembelajaran Aktif; Karakter; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:40
Last Modified: 26 Feb 2025 03:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11623

Actions (login required)

View Item View Item