Harahap, Salma Sahari (2024) Analisis Instagram sebagai trend media dakwah Islam Salafi pada akun Salam TV. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2150400002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kegiatan yang dilakukan Salam TV dalam menyebarkan dakwah Salafi dan materi konten dakwah yang di sebarakan akun Salam TV di Instagram. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan akun Instagram Salam TV dalam menyebarkan dakwah Salafi dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu, pengelola akun Salam TV berjumlah 6(enam) orang dan pengikut akun Salam TV berjumlah 12 (dua belas) orang. Sedangkan data sekunder yaitu, dokumen, arsip atau buku- buku yang terdapat info mengenai hal-hal yang ada kaitannya dengan penulisan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kegiatan Salam TV dalam menyebarkan dakwah salafi melalui penyebaran konten, kegiatan interaksi dan kolaborasi dengan akun lain belum mengalami kemajuan dan pertumbuhan akun yang signifikan. Adapun pertumbuhan yang lambat disebabkan karena tampilan konten yang monoton, terlalu banyak jenis program, penggunaan hastag tidak sesuai dengan pesan, materi konten dakwah kurang relevan dengan pengikut dan jadwal pengunggahan konten tidak konsisten. Penyebab selanjutnya adalah banyaknya akun Instagram yang dikelola oleh admin serta kurangnya kesadaran diri para karyawan untuk menumbuhkan akun Instagram Salam TV. Pesan dakwah yang disiarkan Salam TV ditemukan sesuai dengan pedoman dan batasan dalam ajaran Salafi yakni tidak menggunakan musik dan tidak menampilkan perempuan. Materi dakwah yang disampaikan Salam TV ada dua jenis, yakni video dan foto mencakup materi Akidah dengan tema konten: Syarah Kitab Tauhid, Mengenal Alam Jin, Jiwa yang Tenang, Podcast Muslim. Materi Syariah tema konten: Bulughul Maram, Give Away, Jejak Hafidz Indonesia, Bincang Sehat, Halo Ustadz, Tanya Ustadz, Kuis Ayat, Saung Ramadan, Sobat Hijrah dan materi Akhlak tema konten: Nu’min Saah, Ketuk Pintu, Nasehat Muslimah, Tanya Syeikh, Muslim Inspiratif, Kisah Teladan, Poster Dakwah. Penelitian ini juga menemukan bahwa pesan dakwah pada akun Salam TV menunjukkan corak dakwah yang berbeda dengan dakwah Salafi lainnya yakni tidak menampilkan materi yang bersifat kontroversi dan tidak menyebabkan perpecahan antara golongan Salafi dan non Salafi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sholeh Fikri, M.Ag dan Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A |
Keywords: | Instagram; Tren media; Media dakwah; Dakwah Salafi; Salam TV |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 07:51 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 07:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |