Nasution, Ahmad Arisman (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250500013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Tujuan Kurikulum Merdeka diterapkan salah satunya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. Pengembangan media pembelajaran game interaktif berbasis wordwall dengan berbantuan aplikasi canva yang didasari melalui hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Hasil temuan peneliti bahwa belum tersedianya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk materi pecahan Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas dari produk ini. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan dalam meningkatkan keefektifan belajar melalui media pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, mudah dimengerti dan suasana belajar lebih menyenangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan pengembangan yaitu analisis (analysis),desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek dari penelitian adalah siswa SDN 102 Sigalapang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket serta tes. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa, kepraktisan digunakan angket kepraktisan untuk guru dan siswa, serta keefektifan digunakan angket untuk motivasi belajar siswa dan lembar soal untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam proses pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian berdasarkan validasi ahli materi sebanyak tiga ahli diperoleh skor persentase 84% dengan kategori “sangat valid”. Hasil dari ahli media sebanyak empat ahli diperoleh skor persentase 91,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil dari ahli Bahasa sebanyak dua ahli diperoleh skor persentase 90% dengan kategori “sangat valid”. Selanjutnya hasil praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh skor persentase 86% dengan kategori “sangat praktis” untuk guru dan 83,2% “sangat praktis” untuk siswa. Berdasarkan hasil analisis keefektifan pretest-posttest motivasi belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh bahwa rata-rata perolehan nilai n-Gain untuk motivasi belajar siswa sebesar 0,76 (tinggi) dengan persentase 76,13 kategori “efektif”, serta rata-rata perolehan nilai n-Gain untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 0,67 (sedang) dengan persentase 66,9% kategori “cukup efektif”. Dari hasil pengolahan data pengembangan media pembelajaran berbasis wordwall menunjukkan bahwa media ini merupakan solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SDN 102 Sigalapang. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis wordwall yang sudah teruji validitas, praktikalitas dan keefektifannya. Dengan demikian, media ini terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran saat ini khususnya materi pecahan yang sudah sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah serta dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Anita Adinda, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Media pembelajaran; Game interaktif; Wordwall; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 07:50 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 07:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |