Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumen pada generasi millenial di Kota Padangsidimpuan

Hutagalung, Nursakiah (2024) Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumen pada generasi millenial di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perilaku konsumen adalah suatu perilaku atau tindakan individu maupun kelompok (konsumen) dalam membeli atau mempergunakan produk ataupun jasa yang melibatkan proses pengambilan keputusan sehingga mereka akan mendapatkan produk ataupun jasa yang diinginkan oleh seorang konsumen. Dari hasil observasi permasalahan pada penelitian ini adalah sebagian generasi millennial yang berbelanja online disebabkan oleh iklan atau promosi, mengikuti gaya hidup selebriti dan yang sedang tren sekarang, dimana awalnya tidak mempunyai niatan untuk membeli suatu barang sehingga terjadi pembelian tanpa rencana, dan beberapa generasi milenial membeli suatu produk secara online yang tidak termasuk dalam daftar kebutuhannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan membagikan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode lemeshow. Analisis data yang digunakan adalah uji vadilitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresilinear berganda, uji koefisien determinasi (R^2), uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil yang dilakukan peneliti menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manfaat e-commerce terhadap perilaku konsumen pada generasi millennial di kota Padangsidimpuan dan tidak terdapat pengaruh karakteristik e-commerce terhadap perilaku konsumen dalam pada generasi millennial di kota Padangsidmpuan. Terdapat pengaruh manfaat e-commerce dan karakteristik e-commerce secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumen pada generasi millennial di kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Sry Lestari, M.E.I
Keywords: perilaku konsumen; manfaat e-commerce; karakteristik e-commerce
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080503 Networking and Communications
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:52
Last Modified: 13 Feb 2025 09:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11591

Actions (login required)

View Item View Item