Siregar, Zuhri Mairani (2024) Peningkatan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran AIR berbasis microsoft mathematics pada materi matriks di SMAN 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920200047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model Pembelajaran AIR Berbasis Microsoft Mathematics dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil temuan awal diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di sekolah tersebut masih rendah dan model pembelajaran yang digunakan guru matematika monoton sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan mudah merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung. Maka dengan penggunaan Model Pembelajaran AIR Berbasis Microsoft Mathematics ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran AIR berbasis Microsoft Mathematics di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Pembelajaran AIR Berbasis Microsoft Mathematics, yang berisi tahapan perancanaan, tahap pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran AIR Berbasis Microsoft Mathematics dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata adalah 52 dan ketuntasan klasikal sebesar 25%, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran AIR Berbasis Microsoft Mathematics pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 60,38 dan ketuntasan secara klasikal 25%. Siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 80 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Berdasarkan hal tersebut maka model pembelajaran AIR berbasis Microsoft Mathematics dapat meningkatkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Diyah Hoiriyah, M.Pd. |
Keywords: | Model Pembelajaran AIR; Microsoft Mathematics; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:36 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |