Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan model problem based learning dan project based learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi kubus di Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan

Siregar, Al Fajri (2024) Perbandingan model problem based learning dan project based learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi kubus di Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang pemahaman konsep matematika nya masih rendah, termasuk pada materi pembelajaran kubus. Siswa cenderung menghafal rumus tanpa memiliki pemahaman akan konsep materi tersebut. Pemahaman konsep matematika siswa masih rendah dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa hanya meniru apa yang dikerjakan guru, siswa takut bertanya ketika materi yang disampaikan, sehingga menyebabkan pemahaman konsep mereka rendah. Apalagi ketika guru memberikan soal yang berbeda dengan contoh soal, maka siswa merasa kesulitan untuk menyelesaikan soal tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan pemahaman konsep matematika siswa pada materi kubus di kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan dengan penerapan model Problem Based Learning dan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan pemahaman konsep matematika siswa pada materi kubus di kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan dengan penerapan model Problem Based Learning dan Project Based Learning. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Posttest-only control design. Populasinya adalah seluruh kelas VIII dan pengambilan sampel adalah menggunakan Purposive Sampling. Analisis data terpenuhi berdasarkan uji t (independent samle t test) dengan menggunkaan SPSS versi 20, Dimana nilai sig(2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi (α), yaitu 0,023< 0,05. Atau dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Project-Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd Dr. Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Model Project Based Learning; Pemahaman Konsep Matematika; Kubus
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:07
Last Modified: 04 Feb 2025 03:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item